• pasang iklan
  • pasang iklan

081364364325 (Telkomsel),  Daun sirih merah, Manfaat sirih merah, Sirih merah khasiat

Saturday, August 30, 2014


Sirih Merah Atasi Diabetes, Sirih Merah untuk kanker, Sirih Merah untuk asam urat, Sirih Merah obat batuk, Sirih Merah untuk kanker payudara, Manfaat Sirih Merah untuk keputihan, Sirih Merah obat kanker, Manfaat Sirih merah untuk kecantikan, Sirih Merah maag, Sirih Merah adalah, Manfaat Sirih Merah untuk kecantikan, Manfaat Sirih Merah untuk kesehatan, Manfaat Sirih Merah untuk mata, Manfaat Sirih Merah untuk jerawat, Manfaat Sirih Merah bagi wanita, Khasiat  Sirih Merah untuk ambient, Khasiat  Sirih Merah pengobatan penyakit, Kegunaan Sirih Merah, Bibit Sirih Merah , Jual Bibit Sirih Merah, Sirih merah dan khasiatnya, Jual sirih merah, Cara budidaya sirih merah, Kegunaan sirih merah, Klasifikasi sirih merah, Beli sirih merah, Harga bibit sirih merah, Jual pohon sirih merah, Herbal sirih merah, Tanaman sirih merah, Budidaya sirih merah, Tips manfaat sirih merah, Sirih merah trubus, Usaha sirih merah, Cara menanam sirih merah, Sirih merah rajanya tanaman sirih

SIRIH MERAH
Sirih Merah dikenal sebagai tanaman obat.  Untuk budidaya sirih merah perlu memperhatikan cara-cara yang benar,  sehingga tanaman sirih merah  banyak daunnya, karena bagian yang dimanfaatkan adalah daun.

CARA PERBANYAKAN SIRIH MERAH
Secara alami, Sirih merah menyukai tempat ternaung.   Seperti di bawah pohon di hutan. Tumbuh subur di tempat yang berhawa sejuk.  Untuk sinar matahari sirih merah  butuh 60 – 75 persen cahaya matahari.   Di tempat teduh, daunnya akan melebar, warna merah yang cantik akan segera terlihat bila daunnya dibalik. Batangnya pun tumbuh gemuk. Bila terkena banyak sinar matahari, batangnya cepat mengering. Sebaliknya bila terlalu banyak kena air, akar dan batangnya akan membusuk dan  tanaman mudah mati. Artinya, jika di pot tidak boleh langsung kena matahari.  
Budidaya sirih merah bisa lewat pembibitan atau perbanyakan. Bisa melalui stek, dan runduk batang.   Untuk perbanyakan dengan runduk batang, bisa dilakukan bila tanaman sirih merah sudah mulai menjalar atau berkembang pesat.
Musuh utama sirih merah adalah bekicot kecil, dan semut. Kalau daunnya akan dipakai obat, hendaknya jangan menggunakan pestisida untuk menghalau hama.
Bagi Anda yang ingin mencoba menanam sirih merah, cobalah dengan cara stek. Cara ini adalah yang paling mudah bagi pemula.
CARA PEMANENAN DAUN SIRIH MERAH
Tanaman siap panen minimal berumur 4 bulan. Saat itu sirih merah terdiri atas 16 sampai 20 daun. Daun sudah relatif lebar, panjang 15 sampai 20 cm. Daun yang dipetik tidak terlalu tua atau muda, karena kadar zat aktifnya tinggi.
Pemetikan sebaiknya pada pagi hingga pukul 11.00. Bila dipetik pada sore hari, menghambat proses pengeringan. Pemetikan dengan pisau tajam dan steril.
PASCA PANEN DAUN SIRIH MERAH
Selesai dipetik, Daun direndam dalam air selama 15~30 menit untuk membersihkan kotoran dan debu yang menempel. Kemudian dibilas hingga bersih, dan ditiriskan.
Langkah berikutnya daun dirajang dengan alat yang bersih, steril, dan tajam. Lebar irisan sekitar 1 cm, langsung dikeringanginkan di atas tampah beralas kertas selama 1 jam. Rajangan yang telah kering 60% ditutup dengan kain hitam transparan untuk menghindari debu, serangga, atau kemungkinan terbang karena tertiup angin.
Setelah kering, daun dimasukkan ke kantong plastik tebal transparan. Bila perlu berikan silica gel untuk menyerap kadar air. Tutup rapat kantong, beri label, simpan di tempat bersih dan tidak lembab, agar kualitas sirih merah tetap terjaga hingga setahun. Ketika hendak mengkonsumsi, ambil rajangan kering sirih merah 34 lembar, dan rebus hingga mendidih. Minumlah setelah rebusan dingin dan melalui penyaringan.

Bila Minat mendapatkan Bibit Sirih Merah Hubungi:
Bapak Imam Mahmudi
Perum Wisma Bana Indah 2 Blok J1 No. 11, Sagulung Kota, Sagulung
Batam, KEPRI – Indonesia
Telp. (+62) 813 6436 4325 (Telkomsel)
Email: imammahmudi1976@gmail.com
BB: 766DDE7C
Harga 100.000 belum ongkir


Dikirim oleh:
Nama :Bpk. Imam Mahmudi
Alamat :
No. telepon:
Website :

Kategori Iklan